World Cyber Games 2011, Olimpiadenya Para Gamers

Diposting oleh Dark Cyber on Sabtu, 12 November 2011

detail berita
Credit : Okezone.com
JAKARTA - "We will uphold the principal of fairplay and good sportsmanship," gamer perwakilan 14 negara Asia serempak menggemakan sumpah itu di lobby Epicentrum Walk, Kuningan, menandai pembukaan sebuah event olah raga cyber nasional.

Mendengar kata game, umumnya orang akan mengasosiasikannya dengan hiburan atau bermalas-malasan. Ternyata ada cara lain memandang game. World Cyber Games (WCG) 2011 ini salah satunya. Seperti sebuah olimpiade bagi para gamer, acara yang telah berlangsung selama sebelas tahun ini mengajukan prinsip-prinsip kejujuran, keadilan, dan sportifitas ke dalam sebuah pertandingan cyber.

"Banyak yang bisa kita kaji dari games, bukan cuma unsur hiburannya saja," jelas Wendy Chandra, chief executive officer Megindo, penggagas World Cyber Game di Indonesia, saat ditemui di Comic Cafe, Jakarta, Jumat (11/11/2011).

Memang ada banyak hal yang bisa diperoleh melalui game. Seperti tagline WCG 2010 lalu yang menyatakan "united we game," kali ini WCG 2011 dengan tagline "we love e sports" mempersatukan kembali gamer-gamer dari negara Asia. Antara lain Indonesia, Bangladesh, India, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia, Vietnam, China, pakistan, Filipina, Thailand, Mongolia, dan Taiwan.

Acara yang telah berlangsung di Jakarta dari tanggal 9 November 2011 lalu, akan mencapai puncaknya pada 13 november yang akan datang. Saat ini sedang terjadi persaingan untuk menentukan siapa yang pantas menjadi wakil Indonesia di Asian Championship 2011 dan WCG Grand Final di Busan, Korea Selatan.

Permainan yang dikompetisikan dalam even tersebut adalah DoTa All Star, Asphalt, Tekken 6, dan Counter Strike (CS) 1.6. Selain itu ada kategori game baru yang akan dimainkan dalam WCG 2011 ini, yaitu Angry Birds dan Drunkman yang menggunakan media Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Samsung Galaxy S II.

CS 1.6 memang game lama yang juga digunakan dalam kompetisi WCG sebelumnya. Mengenai hal ini, Wendy Chandra mengatakan alasannya, "CS 1.6 ini lebih kompetitif dan bug-nya lebih minimal. Selain itu banyak yang tidak setuju kalau menggunakan CS yang baru."

Program acara di WCG 2011 ini juga menampilkan deretan spesial performer seperti, Marsheilla, Extra Large, dan Chery Belle. Juga ada elemen tambahan seperti Booth Exibititon & Android Workshop, sebuah rangkaian edukasi mengenai Android lengkap dengna detail game-game di dalamnya. Pada 12 November 2011 esok pun akan diadakan acara tambahan bagi para pecinta anime, manga, game dan subkultur Jepang melalui NVidia Cosplay Competition. (tyo)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan Disampaikan Kalo Ada Yang Kurang Paham :D
Kritik Dan Saran Sangat Membantu Demi Kenyamanan Sobat Blogger :D