2014, Pengguna Internet India Capai 300 Juta

Diposting oleh Dark Cyber on Rabu, 21 September 2011

Meski baru 8% dari total populasi, India sudah jadi pasar Internet terbesar ketiga dunia.

Sabtu, 17 September 2011, 11:46 WIB By Muhammad Firman
VIVAnews - Google memperkirakan pengguna Internet di India akan naik tiga kali lipat pada tahun 2014 mendatang. Alasannya, kini para operator telekomunikasi tengah berinvestasi besar-besaran dalam pembangunan infrastruktur nirkabel. Apalagi, harga smartphone juga semakin murah.

Kepada Wall Street Journal, Rajan Anandan, Country Head Google India menyebutkan, perusahaannya memperkirakan bahwa pada tahun itu pengguna Internet di sana akan mencapai angka 300 juta. Sebagai gambaran, tahun ini jumlahnya mencapai sekitar 100 juta pengguna.

Meski baru 8 persen dari 1,2 miliar populasinya yang terhubung ke Internet, saat ini India sudah menjadi pangsa pasar Internet terbesar ke tiga di dunia, dari sisi jumlah pengguna--di belakang China dan Amerika Serikat.

“Meski banyak tantangan infrastruktur yang dihadapi negara kami, tetapi kami sudah punya 100 juta orang yang terhubung ke Internet,” kata Anandan, mantan petinggi Microsoft yang mulai memimpin Google India sajak Maret lalu itu.

Dikutip dari News24, 17 September 2011, Anandan menyebutkan, para pengguna Internet India juga menghabiskan sangat banyak waktu secara online dan melakukan berbagai macam hal di sana.

Sayangnya, memanfaatkan potensi yang sangat besar tersebut untuk dijadikan bisnsi yang menguntungkan tidaklah mudah di negara di mana televisi dan koran menjadi media utama bagi para pengiklan. Apalagi pemerintah juga belum memberikan kemudahan dari sisi regulasi.

“Menghasilkan uang dari pasar yang tumbuh sangat pesat itu sangat sulit bagi Google dan perusahaan Internet lainnya di India,” ucap Anandan.

Sebagai gambaran, belanja iklan online di India hanya mencapai sekitar US$200 juta per tahun. Angkanya sangat kecil jika dibandingkan dengan total industri iklan digital global yang mencapai US$80 miliar.

Sumber www.vivanews.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan Disampaikan Kalo Ada Yang Kurang Paham :D
Kritik Dan Saran Sangat Membantu Demi Kenyamanan Sobat Blogger :D